Senin, 14 Desember 2015

Prasasti menyebutkan bahwa Pura Uluwatu

Sejarah
Prasasti menyebutkan bahwa Pura Uluwatu dihasut oleh Mpu Kunturan, seorang biarawan Majapahit yang juga berpartisipasi dalam mendirikan beberapa candi penting lainnya di Bali seperti Pura Sakenan di Denpasar, sekitar 1.000 tahun yang lalu. Seorang imam suci dari Jawa Timur, Dhang Hyang Dwijendra, kemudian memilih Pura Uluwatu untuk menjadi tempat ibadah akhir perjalanan spiritual nya. Umat ​​Hindu Bali percaya bahwa ia mencapai titik spiritual tertinggi kesatuan dengan dewa oleh pemogokan petir dan benar-benar menghilang.



Legenda, bagaimanapun, mengatakan bahwa Dhang Hyang Dwijendra (juga sering disebut dengan nama sebagai Danghyang Nirartha) adalah arsitek dari Pura Uluwatu dan beberapa candi lainnya di Bali, Lombok, serta Sumbawa. Sampai tahun 1983, Pura Uluwatu hampir tidak dapat diakses dan sambaran petir pada tahun 1999 mengatur beberapa bagian candi terbakar. Candi ini memiliki beberapa restorasi sejak pertama kali dibangun.


Highlights dan Fitur
Belakang kuil utama di salah satu halaman dari Pura Uluwatu terletak patung Brahmana menghadap Samudra Hindia, dianggap sebagai representasi dari Dhang Hyang Dwijendra. Dua pintu masuk ke kawasan candi yang gerbang perpecahan dengan daun dan bunga ukiran. Di depan mereka masing-masing adalah beberapa patung berbentuk seperti tubuh manusia dengan kepala gajah.

Sebuah warisan dari abad ke-10 adalah one-piece bersayap gerbang batu ke halaman dalam Pura Uluwatu. Gerbang bersayap tidak umum ditemukan di pulau. Sebuah Selain Pura Uluwatu di abad ke-16 adalah Pura Dalem Jurit. Ada tiga patung di dalamnya, salah satunya adalah Brahma.

Ada dua palung batu di dalam Bait Allah. Jika keduanya bergabung, mereka menciptakan sarchopagus (Megalitik peti mati). Uluwatu Beach, di bawah tebing, adalah salah satu yang terbaik internasional dikenal tempat surfing di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar